Batuan Mars yang Dikumpulkan Perseverance Ada Petun「Professional betting」juk Kehidupan Purba Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0

"JProfessional Professional bettingbettingika batuaProfessional bettingn ini mengalami air untuk jangka waktu yang lama, mungkin ada celah yang dapat dihuni di dalam batuan ini yang dapat mendukung kehidupan mikroba purba," tambah Stack Morgan, ilmuwan lainnya.

NASA berharap untuk mengembalikan sampel ke Bumi untuk dianalisis di laboratorium dengan lebih mendalam dalam misi bersama dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) yang dilakukan sekitar tahun 2030-an.

Tentu sampel-sampel batuan Mars ini, pada gilirannya akan dapat membantu para ilmuwan membangun gambaran tentang sejarah geologi dari wilayah tersebut.

Misalnya, tentang pembentukan kawah di planet Mars, hingga ketika danau muncul dan menghilang, serta bagaimana perubahan iklim planet Mars yang terjadi dari waktu ke waktu.

"Hal yang menarik tentang batuan ini juga adalah bahwa mereka menunjukkan tanda-tanda interaksi berkelanjutan dengan air tanah," kata ahli geologi NASA Katie Stack Morgan pada konferensi pers.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

"Garam adalah mineral yang bagus untuk melestarikan tanda-tanda kehidupan kuno di Bumi, dan kami berharap hal yang sama berlaku untuk batuan di Mars," tambah Morgan.

Batuan vulkanik mengandung mineral kristal yang membantu dalam penanggalan radiometrik.

Para ilmuwan NASA ini pun semakin meyakini bahwa air tanah pernah ada sangat lama di planet Mars.

Baca juga: Robot Perseverance NASA Sukses Mendarat di Mars, Cari Bukti Kehidupan

Baca juga: Cari Kehidupan di Mars, Robot Perseverance NASA Mulai Kumpulkan Batuan

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa Kawah Jezero adalah rumah bagi sebuah danau, tetapi tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa air di Mars pernah membanjiri dan mengisi kawah ini selama 50 tahun.

Mineral garam di inti batuan mungkin telah menjebak gelembung kecil air di Mars purba.